Senin, 21 Juli 2014

MASA ORIENTASI SISWA (MOS) PERGURUAN RAJ YAMUNA


MASA ORIENTASI SISWA (MOS) PERGURUAN RAJ YAMUNA
“CERIA, NYAMAN DAN BERBUDAYA”




Denpasar-
SMP Raj Yamuna Denpasar menyelenggarakan Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun pelajaran 2014/2015 di Aula Perguruan. Siswa baru ditanamkan pendidikan karakter sesuai dengan filosofi madokin yang menjadi landasan pendirian Raj Yamuna School. Kegiatan MOS ini dimulai dari tanggal 14-19 Juli 2014.
Sebelum memulai MOS didahului dengan pertemuan dan penyambutan siswa baru yang dilaksankan pada minggu 13 Juli 2014 yang dihadiri oleh orang tua siswa, ketua yayasan, ketua komite, kepala sekolah dari TK, SD, SMP dan siswa baru baik TK, SD, dan SMP. Ini menjadi awal siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah seperti pengenalan guru dan pegawai di sekolah raj Yamuna. Peserta yang hadir dimeriahkan dengan berbagai hiburan yang disuguhkan oleh siswa-siswi Raj Yamuna School.
Kegiatan MOS ini dibuaka oleh Kepala Sekolah SMP Raj Yamuna Drs. I Made Jasa. Dalam sambutannya Made Jasa mengatakan, MOS yang dilaksanakan di Raj Yamuna School akan memberi kesan yang nyaman dan gembira bagi peserta MOS dan tidak akan ada perpeloncoan, kekerasan fisik yang membuat siswa menjadi takut mengkuti MOS.

Kegaiatan ini dibuka secara resmi dengan pelepasan balon dan juga penyerahan secara simbolis mengenai atribut MOS. Selama kegiatan akan diisi dengan berbagai aktifitas seperti pengembangan kreatifitas membuat yel-yel, menganyam ketupat dengan berjoget, melakukan senam pramuka, membersihkan lingkungan dan juga diisi dengan berbagai dialog yang diisi oleh Puskesmas Datim dan Kapolda Datim. Hal ini yang membuat suasana MOS siswa di Raj Yamuna menjadi ceria dan menyenangkan.

Sebelum siswa baru resmi menjadi siswa Raj Yamuna mereka terlebih dahulu mengikuti prosesi secara niskala dengan mengikuti pemelukatan, dan mejaya-jaya yang di puput oleh Ida Pandita Begawan Penyarikan Cista Jnah Dwija Loka. Hal ini dilakukan guna memberikan persiapan secara mental bagi siswa baru untuk dapat menerima pendidikan yang akan diberikan oleh guru di sekolah.

Ketua Panitia MOS Dra A.A. Oka Kusumawati “ mengungkapkan kegiatan MOS merupakan proses pengenalan lingkungan sekolah serta penanaman karakter, sedangkan mejaya-jaya dan pawintenan menjadikan siswa lebih siap untuk mendapatkan pendidikan serta prosesi ini memeohon doa restu kepada Dewi Saraswati sebagai dewinya ilmu pengetahuan untuk memberikan rahmatya terhadap siswa baru untuk memudahkan dan lebih siap untuk menerima ilmu yang akan didapatkan di bangku pendidikan.
Kegiatan MOS ini ditutup di lapangan makam pahlamawan Pancakatirta tabanan sekaligus tabur bunga dan penyerahan hadiah dari Osis kepada peserta MOS. (SP)

0 komentar:

Posting Komentar