Sabtu, 25 Januari 2014

PEMELUKATAN DAN PERSEMBAHYANGAN BERSAMA PURNAMA KAPITU DI SMP RAJ YAMUAN


PEMELUKATAN DAN PEREMBAHYANGAN BERSAMA
PURNAMA KAPITU DI SMP RAJ YAMUAN



Denpasar-

Pemelukatan dan persembahyangan bersama dai awal tahun 2014 dilakasanakan pada purnama sasih kepitu tepatnya 15 januari 2014 yang dilakasanakan di padmasana sekolah Perguruan Raj Yamuna. Ini menjadi agenda rutin siswa-siswi perguruan raj yamuna pada hari purnama.


Sebelum persembahyangan bersama purnama dimulai terlebih dahulu di adakan kegiatan muatan lokal dengan membuat banten pejati, kalawista, dan daksina. Sedangkan agama lain tetap juga ikut meuatan lokal sesuai dengan guru pemidanya masing-masing.dan ada juga agama non-Hindu yang ikut teman-teman Hindu belajar membuat kulit tipat. Ini menajdikan sikap toleransi di sekolah raj Yamuna menjadi semakin erat dengan saling mengenal antar kebudayaan agama masing-masnig.
Muatan lokal ini bertujuan untuk memberikan dan menjaga kebudayaan yang telah diwariskan seacar turun temurun kepada generasi berikutnya dan melalui dunai pendidikan tradisi tersebut harus tetap di jaga kelestariannya dan juga siswa mampu berperan aktif di dalam masyarakat sehingga setelah lulus dari perguruan raj yamuna siswa mampu membuat sarana upakara.

Pemelukatan ini baru pertama kali diadakan oleh perguruan dan purnama sangat tepat unutk melakukan peleuktan karena purnama diyakini memiliki kekuatan untuk melebur segala mala di dunia dan di dalam diri manusia itu sendiri. Kegitan purnama juga diisi dengan acara hiburan tari yang dipentaskan oleh siswi perguruan yang dipilih melalui kegiatan pengembangan diri dan di hari suci mereka dipentaskan dan di ukur kemampuan dalam pengembangan diri khususnya pengembangan diri tari dan tabuh. Pemelukatan dan perayaan hari purnama di puput oleh Ida Pandita Shre Begawan Cista jnah Dwja Loka dari Grya Sidhakarya.


0 komentar:

Posting Komentar