Kamis, 19 Desember 2013

study tour


Melajah sambil melali



denpasar-


Kamis, 19 Desember 2013 menjadi hari yang sepesial bagi siswa-siswi yang mengikuti study tour Jakarta-Bandung-Yogyakarta. Study tour ini diadakan sela-sela liburan semester yang berlangsung selama Tujuh hari yang diikuti tiga puluh enam siswa dan tiga guru pendamping dalam stady tour yang bertemakan “melajah sambil memali”.
Siswa sudah bersiap-siap disekolah mulai jam 04.00 wita dan berangkat dari sekolah jam 05.00. sebelum berangkat siswa melakukan persembahyangan bersama di sekolah memohon agar mereka selamat sampai tempat tujuan. Sebelum berangkat siswa juga mendaptakan pengarahan dari pemandu study tour dengan menekankan siswa harus menjaga dan bertanggung jawab atas apa yang mereka putuskan dan menjaga ketertiban di obyek yang akan dituju nantinya. Selain mendapatkan pengarahan dari pemandu study tour siswa juga mendapatkan pesan dari kepala sekolah yang manekankan stady tour ini bukanlah ajang untuk jalan-jalan disela liburan melaikan belajar bagaimana siswa mampu mengamati, menghargai dan menerapkan dalam kehidupannya.
Menurut Drs I Made Jasa selaku kepala sekolah mengatakan “ study tour ini bukan ajang untuk jalan-jalan mengisi sela liburan tetapi study tour ini juga sebagi pelajaran dan perbandingan siswa daam mengampati, menghargai dan menerapkan apa yng mereka lihat didalam objek tersebut dan juga bisa menilai ojek itu, untuk itu siswa wajib mencatat dan membawa buku saku untuk mecatat objek wisata yang akan dikunjungi”ungkapnya
Selain itu juga siswa akan tidur di hotel dan makan yang telah ditentukan oleh trevel dan mereka juga akan mendapatkan baju untuk menjalin kekompakan dalam study tour ini. Studi tour ini bertujuan sebagai studi perbandingan dan media pembelajaran “melali sambil melajah” dengan mengembangkan metode pembelajaran karya wisata dengan mengunjungin obyek wisata yang bersejarah secara langsung sehingga siswa secara langsung melihat peninggalan sejarah untuk memberikan penguatan agar siswa mudah  memahami, melihat dan memperlajari sejarah selain itu juga siswa dapat menilai objek wisata yang mereka kunjungin secara langsung dan bukan hanya melihat gambar dalam buku pelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar